KAWASAN PRODUKSI JATI & FURNITURE TERBESAR DI INDONESIA

KAWASAN PRODUKSI JATI & FURNITURE TERBESAR DI INDONESIA

KAWASAN PRODUKSI JATI & FURNITURE TERBESAR DI INDONESIAJati sering dianggap sebagai salah satu kayu terbaik dan berkualitas tinggi. Batang pohonnya dapat digunakan untuk membuat furniture dan perlengkapan rumah tangga seperti jendela, kursi, meja, lemari dan masih banyak lagi. Padahal, kayu ini telah mendapat banyak perhatian internasional karena kualitasnya.

Saat itu, pada masa penjajahan, Belanda menjadikan kayu jati Indonesia sebagai bahan baku utama pembuatan perahu berkualitas pada masa itu. Hal ini tidak terlepas dari berbagai daerah penghasil kayu jati berkualitas tinggi di Indonesia. Berikut adalah produsen kayu jati terbaik dan terbanyak di Indonesia:

1. Wilayah Sulawesi Selatan

Wilayah ini tergolong baru di Indonesia sebagai salah satu penghasil kayu jati. Pohon ini pertama kali ditanam di daerah Sulawesi Selatan pada tahun 1970-an ketika banyak lahan terlantar yang membutuhkan penghijauan. Reboisasi sendiri berguna untuk penanaman kembali pohon atau tanaman di lahan yang belum dikembangkan untuk menyeimbangkan ekosistem kehidupan.

Saat itu, ada beberapa daerah di Sulawesi Selatan seperti Bone, Enrekang, Bila, Sidrap dan Soppeng yang dilakukan penghijauan secara ekstensif. Jati kemudian dipilih sebagai salah satu pohon untuk peremajaan, hingga akhirnya wilayah Bila mengalami peningkatan hasil yang sebanding dengan pulau Jawa.

2. Wilayah Sulawesi Tenggara

Pohon jati di daerah terpencil ini ditemukan pada tahun 1671 oleh seorang ahli geografi bernama Hein. Saat itu penampakan pohon tersebut masih berbeda dan hanya ditemukan di beberapa bagian kepulauan besar Sulawesi. Namun pohon ini banyak tumbuh di wilayah tenggara Sulawesi yang meliputi beberapa wilayah seperti: Kabupaten Buton Selatan yang masih merupakan bagian dari wilayah tenggara Sulawesi.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pohon jati dari wilayah tenggara Sulawesi berasal dari biji yang sama dengan yang berasal dari wilayah Jawa.

3. Wilayah Jawa Timur

Wilayah Jawa Timur juga dikenal sebagai daerah produksi jati di Indonesia, yang merupakan sebagian besar wilayah kepulauan Jawa. Kayu jati dari daerah ini terkenal dengan seratnya yang halus dan warnanya yang seragam. Pohon ini banyak dijumpai di daerah seperti Bojanegaro yang berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah, artinya karakteristik tanah dan iklimnya masih sangat mirip dengan wilayah Jawa Tengah.

Hal ini menunjukkan bahwa kayu di Jawa Timur masih memiliki karakteristik kualitas yang khas dari wilayah Jawa Tengah. Daerah penanaman jati di Jawa Timur juga mencakup daerah seperti Pasitan, Madivn dan Ngawi.

KAWASAN PRODUKSI JATI & FURNITURE TERBESAR DI INDONESIA

4. Wilayah Jawa Tengah

Wilayah tengah pulau Jawa dikenal sebagai salah satu penghasil kayu jati terbaik di luar negeri. Kabupaten Blora dikenal sebagai salah satu daerah yang dapat menghasilkan kayu dengan kualitas terbaik sehingga menjadi pemasok kayu jati terbesar di wilayah Jawa Tengah. Kawasan produksi jati terbaik di Indonesia, seperti wilayah Bloro, harus dilindungi dan dilestarikan melalui ekstraksi non-acak.

Inilah Kawasan daerah – daerah penghasil kayu jati terbesar di Indonesia yang sudah terkenal sejak dulu. Seperti yang kita ketahui kayu jati merupakan kualitas kayu terbaik dan kita bisa membuat karya seni dan furniture yang berdaya jual tinggi dan seni yang tinggi juga. Berbagai macam jenis kayu juga sangat bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat furnitur. Akan tetapi memang kualitas dari kayu jati sangat sulit untuk ditandingi.

Berbagai macam furniture dengan kualitas terbaik dan memiliki nilai seni tinggi juga tersedia dari mulai patung, ukiran pahat, dan lain – lain. Kayu jati juga ini menjadi perhatian khusus dari pemerintah Indonesia dan di jaga ketat dengan undang – undang tertentu. Ini tentu saja menguntungkan para pengrajin furniture dari kayu jati, karena hasil dari ini membuat mereka semakin dikenal dari berbagai negara. Peningkatan ekonomi di industri ini juga terbilang cukup pesat juga. Mari kita dukung produk – produk loka Indonesia tidak hanya dari bidang furniture saja, tetapi dari berbagai sisi industri lokal para pengrajin Indonesia. Ini akan membuat perekonomian kita menjadi semakin maju dan Berjaya. Sekarang saatnya kita melangkah dan menatap jauh kedepan demi kemajuan bangs akita yaitu indoneisa yang kita cintai.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.