Daftar 6 Seni Bela Diri Yang Menakjubkan Dari Indonesia

Di dunia ini, ada banyak alasan mengapa kita harus mempersiapkan diri untuk bahaya yang menunggu kita. Ada orang di luar sana yang ingin melakukan apa saja untuk mendapatkan hal-hal yang mereka inginkan dengan cara yang salah seperti perampokan atau bahkan pembunuhan. Dulu, masyarakat menggunakan pencak silat untuk mempertahankan diri dari serangan penjajah di masa penjajahan. Orang-orang pada hari itu bisa melakukan jurus pencak silat, salah satunya pencak silat.

Dengan keterampilan bela diri itu, mereka dapat bertahan atau menyerang musuh dengan gerakan tangan dan kaki. Namun kini, masyarakat masih melakukannya untuk mempertahankan budaya tradisionalnya. Anda dapat menemukan banyak sekolah seni bela diri di seluruh negeri. Anda bahkan dapat bergabung dalam sesi mereka. Seni bela diri di Indonesia tidak hanya Pencak Silat saja, tetapi ada banyak di luar sana yang bisa Anda lihat pada daftar pencak silat Indonesia di bawah ini:

1. Pencak Silat

Yang pertama dalam daftar seni bela diri Indonesia adalah Pencak Silat. Yang satu ini merupakan salah satu jenis pencak silat di Indonesia yang sangat populer dan sebenarnya memiliki beberapa ragam. Sebenarnya, dalam daftar, banyak seni bela diri yang akan disebutkan di bawah ini hanyalah varian dari Pencak Silat. Namun, tradisi Pencak Silat adalah seni bela diri tradisional asli Indonesia yang berasal dari budaya Melayu.

Artikel Terkait: Pengertian, Sejarah, Perkembangan Hingga Teknik Seni Bela Diri Pencak Silat

Selain di Indonesia, pencak silat sebenarnya sudah dikenal oleh banyak negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan juga Brunei Darussalam. Di setiap negara, silat mungkin memiliki variasi yang berbeda. Nama Pencak Silat dimulai sejak tahun 1948 sebagai media untuk menyatukan segala bentuk pencak silat di tanah air yang sedang berkembang terutama tanah Jawa. Hingga saat ini, tradisi pencak silat masih ada di beberapa daerah di Indonesia.

2. Ameng Timbangan

Yang berikutnya dalam daftar pencak silat Indonesia adalah Ameng Timbangan. Ameng Timbangan adalah salah satu seni bela diri Indonesia yang terkenal dengan keseimbangan gerak, gerakan mengalihkan perhatian, dan juga menghindari serangan lawan. Dari hal tersebut, Ameng Timbangan ini dapat dikatakan sebagai tindakan bertahan terhadap serangan yang bertujuan untuk melawan tanpa merugikan musuh.

Bagaimana itu mungkin? Mari kita ceritakan tentang sejarah tentang Ameng Timbangan ini terlebih dahulu. Raden Anggakusumah, pendiri Ameng Timbangan, menceritakan tentang gerak harmoni dan keselarasan untuk melakukan tiga tindakan utama, menangkis, mengalihkan perhatian, dan akhirnya menaklukkan. Dengan poin-poin utama itu, Anda bahkan bisa menjatuhkan lawan tanpa dia sadari.

3. Tarung Derajat

Jika dilihat pada gambar, Anda dapat menemukan persamaan antara Tarung Derajat ini dengan jenis seni bela diri lainnya seperti Taekwondo atau Karate. Mereka bahkan menggunakan seragam yang terlihat persis sama. Ini dianggap sebagai seni bela diri seluruh tubuh yang sangat praktis dan efektif. Ini diciptakan oleh Achmad Dradjat yang mengembangkan teknik Tarung Derajat berdasarkan pengalamannya dalam pertempuran jalanan pada tahun 1960.

Namun, pencak silat Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai pencak silat nasional. Ini juga digunakan untuk melatih TNI Angkatan Darat atau Tentara Nasional Indonesia. Jurus Tarung Derajat sangat agresif dengan niat menyerang lewat pukulan dan tendangan. Bahkan ada beberapa teknik tinju yang dapat ditemukan di dalamnya

4. Silek Minangkabau

Seperti disebutkan dalam informasi di atas, ada seni bela diri yang berasal dari berbagai daerah di tanah air. Pulau Jawa memiliki seni bela diri yang khas, begitu pula dengan masyarakat yang tinggal di Minangkabau, provinsi Sumatera Barat. Mereka memiliki sesuatu yang disebut Silek Minangkabau. Ini adalah seni bela diri tradisional yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Ada fakta orang Minangkabau, hal yang selalu mereka lakukan sampai sekarang, merantau. Biasanya, orang-orang yang tinggal di desa akan merantau ke kota-kota, mencari keberuntungan yang lebih baik. Ini adalah tradisi berusia ratusan tahun yang masih mereka lakukan. Ketika Anda akan pergi ke suatu tempat baru, Anda perlu persiapan terlebih dahulu, terutama untuk mempertahankan diri di kota-kota yang keras. Itulah mengapa Silek Minangkabau sangat penting bagi mereka. Perisai Diri

5. Perisai Diri

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, ada banyak varian Pencak Silat. Seperti yang satu ini misalnya, yang patut masuk dalam daftar pencak silat Indonesia bernama Perisai Diri. pencak silat ini merupakan salah satu organisasi pencak silat yang juga termasuk dalam anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Ini juga merupakan organisasi resmi di bawah KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

Perisai Diri juga merupakan salah satu dari sepuluh sekolah pencak silat yang menyandang gelar Sekolah Sejarah karena memiliki lore penting dalam sejarah dan perkembangan IPSI. Namun, Perisai Diri pertama kali didirikan pada 2 Juli 1995 di Surabaya, Jawa Timur. Pendirinya adalah Bapak RM Soebandiman Dirdjoatmodjo, putra dari Paku Alam Keraton. Ia juga keponakan Ki Hajar Dewantara.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.