Beberapa Nama Seniman Dalam Negeri Maupun Mancanegara Yang Dikagumi

Karya seni rupa dibikin atau dibuat oleh satu orang seniman atau perupa. Pada dunia seni rupa, satu orang seniman atau perupa dipandang sebagai tokoh terlebih sebab kepeloporan, kekhasan bentuk atau inspirasi karyanya yang terkenal memberi inspirasi perupa lainnya. Tokoh seni rupa kebanyakan ditemui pada penciptaan beberapa kreasi seni rupa murni seperti karya seni gambar serta seni patung atau pada penciptaan beberapa kreasi seni rupa kekinian dimana satu karya tetap diikuti dengan inisial pembuat atau penciptanya. Banding dengan beberapa kreasi seni rupa adat yang kebanyakan punya sifat kolektif serta komunal.

Pelukis Dunia

Ketokohan satu orang pada dunia seni rupa tak lepas dari andil banyak kritikus karya seni rupa. Serta bisa disebut banyak kritikus berikut ini yang membuat satu orang seniman atau perupa jadi tokoh serta mendapatkan pernyataan dari penduduk luas lewat review kritiknya. Ada sekian banyak tokoh seni rupa di Indonesia seperti Raden Saleh, Affandi, Basuki Abdullah, Sudjojono, GM Sidharta, Popo Iskkamur, Barli serta Sasmitawinata serta terdapat banyak lainnya. Sedang beberapa tokoh seni rupa luar negeri seperti Rembrant, Vincent Van Gogh, Andy Warhol, Kandinsky, dll. Ketokohan satu orang perupa ini ada yang punya sifat internasional, regional, nasional serta lokal. Di bawah ini sejumlah tokoh seni rupa baik nasional ataupun luar negeri.

Seniman Dalam Negeri

Basuki Abdullah

Basuki Abdullah satu orang pelukis pakar dengan saluran seni rupa realis serta naturalis. Wafat pada usia 78 tahun yang pasti pada 5 November 1993, dia sudah pernah dipilih jadi salah satu orang pelukis sah istana negara pada waktu kepemimpinan presiden Soeharto. Sebagian contoh lukisan yang sudah pernah dibikin olehnya misalnya berjudul Lukisan “Kakak serta Adik” (1978) serta Lukisan “Balinese Beauty” (1976).

Affandi Koesuma

Affandi Koesoema ialah pelukis indonesia pertama yang bawa nama baik bangsa indonesia di mata dunia. Disaat masa hidupnya beliau sudah membuahkan > 2000 lukisan indah yang sejumlah besar sekarang sudah laris terjual. Sejumlah karya seni rupa 2 dimensi berbentuk lukisan yang sudah pernah dibuatnya misalnya poster propaganda Boeng, ajo, Boeng! tahun 1945.

Baca juga Beberapa Rekomendasi Terbaik Sketchbook

I Nyoman Nuarta

I Nyoman Nuarta ialah pematung asal Indonesia sebagai satu diantaranya perintis Pergerakan Seni Rupa Baru di tahun 1976. Sejumlah mahakaryanya yang amat diketahui misalnya Monumen Jalesveva Jayamahe (Surabaya), Patung Garuda Wisnu Kencana (Badung, Bali), dan Monumen Proklamasi Indonesia (Jakarta).

Seniman Mancanegara

Auguste Rodin

François-Auguste-René Rodin ialah pematung Perancis serta terhitung satu diantaranya pematung penting dalam saat kekinian. Auguste Rodin untuk seniman yang memahat patung The Kissdan The Thinker. The Thinker ini diperuntukkan buat melukiskan Dante di muka Gates of Hell (Gates of Hell salah satu karya pahatan Rodin serta adalah judul syair Dante).

Seniman Mancanegara

Vincent Willem van Gogh

Vincent Willem van Gogh ialah pelukis pasca-impresionis Belanda. Lukisan-lukisan serta gambar-gambarnya terhitung karya seni yang terpilih, terpopuler, serta termahal di dunia. Van Gogh dipandang sebagai satu diantaranya pelukis paling besar dalam histori seni Eropa.

Andy Warhol

Andy Warhol ialah satu orang seniman, sutradara avant-garde, penulis serta sosok sosial Amerika. Warhol jadi satu diantaranya perintis pergerakan Pop Art di Amerika Serikat di tahun 1950an. Beberapa kreasi Warhol yang sangat diketahui umpamanya Campbell’s Soup Cans, bunga poppy, serta gambar satu pisang pada cover album musik rock The Velvet Underground and Nico (1967), juga buat potret-potret ikonik selebritis masa 20, seperti Marilyn Monroe, Elvis Presley, Jacqueline Kennedy Onassis, Judy Garland, serta Elizabeth Taylor.

Spread the love